Selasa, 16 Oktober 2012

Obat alami sinusitis | Cara penyembuhan penyakit radang sinus


bagaimana terasa apabila anda diserang hidung mampet ? tentu dapat merasa amat menyiksa. terlebih apabila kita mengidap radang sinus atau sinusitis. apa sih sesungguhnya sinusitis itu ? apakah sinusitis dapat di hindari ? adakah penyembuhan alami yang safe untuk sinusitis ? barangkali tersebut sekelumit pertanyaan didalam benak kita apabila kita atau orang dekat kita alami peradangan sinus ini. 

sinusitis adalah di antara penyakit atau kelainan pada sinus paranasal yang terakhir ini makin meningkat angka kejadiannya. efek yang diakibatkan oleh penyakit ini beragam, dimulai dari yang mudah s/d yang berat. betapapun ringannya efek yang diakibatkan, penyakit ini senantiasa mengakibatkan penurunan mutu hidup penderitanya. hingga dapat berlangsung juga kerugian, baik yang bisa ternilai mahupun yang tidak bisa ternilai harga nya. 


pemicu sinusitis 

dengan garis besar pemicu sinusitis ada 2 jenis, yakni factor lokal serta factor sistemik. factor lokal yaitu seluruh kelainan pada hidung yang bisa menyebabkan berlangsungnya sumbatan ; diantaranya infeksi, alergi, kelainan anatomi, tumor, benda asing, iritasi polutan serta masalah pada mukosilia ( rambut halus pada selaput lendir ). factor sistemik yaitu kondisi di luar hidung yang bisa mengakibatkan sinusitis ; diantaranya masalah daya tahan tubuh ( diabetes, aids ), pemakaian obat-obat yang bisa menyebabkan sumbatan hidung. 

tanda-tanda sinusitis 

ada sebagian tanda-tanda yang berlangsung waktu infeksi sinus. kita mulai dengan 3 besar yang dihadapi banyak orang nyeri serta tekanan, nyeri tumpul berdenyut, ”kemeng”, atau tekanan yang disebut sinyal utama sinusitis berlangsung disebabkan yang diakibatkan oleh jaringan yang meradang pada ujung-ujung saraf di dinding didalam sinus. lokasi nyeri ini sering kali khas untuk sinus yang terinfeksi : 

sinusitis frontalis mengakibatkan nyeri dahi atau sakit kepala 
sinusitis maksilaris mengakibatkan nyeri pipi, yang barangkali menyebar ke gigi di rahang atas 
sinusitis etmoidalis mengakibatkan nyeri diantara mata atau di jembatan hidung 
sinusitis sfenoidalis mengakibatkan nyeri di belakang mata, di puncak kepala, atau di selama tengkuk 
pencegahan sinusitis atau kekambuhan sinusitis 

langkah pencegahan sinusitis atau kekambuhan sinusitis bisa dikatakan beragam dikarenakan banyaknya factor yang melatar belakangi berlangsungnya penyakit ini. untuk menghindar berlangsungnya sinusitis atau menghindar kekambuhannnya, kita mesti hindari faktor-faktor yang bisa meyebabkan berlangsungnya sinusitis, di samping juga lakukan koreksi pada kondisi atau kelainan yang bisa melatarbelakangi berlangsungnya penyakit ini. seorang pasien sinusitis meskipun sudah melakukan penyembuhan serta operasi, akan alami kekambuhan jika tidak hindari faktor-faktor pemicunya, atau tidak dikerjakan koreksi pada kondisi atau kelainan yang melatarbelakanginya. 

penyembuhan alamiah penyakit sinusitis dengan ekstrak teripang jelly gamat luxor serta testimonial pendukungnya 

emah suhaemah meninggalkan ruangan pertemuan dikarenakan bersin terus-terusan. ia berbarengan suami menghadiri rapat camat se provinsi jawa barat. lokasi pertemuan di lembang, kabupaten bandung yang dingin, bersuhu 23derajat celcius. sepanjang 3 hari kunjungan ke kota kembang ia rasa sangat menyiksa. 

sehari-hari emah suhaemah tinggal didesa leuwimunding, kecamatan leuwimunding, kabupaten majalengka, jawa barat. di desa itu suhu pada siang hari rata-rata 32 derajat celcius. ia mengira menderita hingga beli obat flu serta pilek yang dijual bebas di warung. sepekan lantas flu serta bersin-bersin mereda. tetapi, hanya sesaat larena bersin-bersin kambuh lagi.

Kondisi itu mendorong perempuan 66 tahun itu bergegas memeriksakan diri ke dokter.Ahli medis mendiagnosis alergi sehingga meresepkan obat antibiotik.Emah minum obat antibiotik itu 3 kali sehari .Namun,begitu obat dari dokter habis,penyakit kembali menyergap.Malahan penderitaan Emah makin parah.Menghirup udara dingin atau sekedar ke kamar mandi pada pagi hari sudah cukup mengundang bersin.

Cekungan

Salesma berkepanjangan seperti dialami oleh Emah suhaemah memicu peradangan atau sinusitis.Perubahan suhu dan kelembaban yang mencolok memang dapat mengakibatkan peradangan hidung.Infeksi itu kemudian merambat kedalam sinus dan sering di tandai dengan gejala bersin-bersin tanpa henti.Menurut dr Dody widodo SpTHT sinusitis(Sinus=rongga,itis=peradangan)merupakan infeksi dalam rongga tulang tengkorak di sekitar hidung.

Peradangan itu akibat bakteri patogen atau alergi berkepanjangan.Akibatnya sel-sel selaput lendir melebar dan menghambat sekresi sehingga ingus terkumpul di sinus.Orang mengalami selesma berkepanjangan menyebabkan cairan ingus masuk ke rongga di kiri dan kanan hidung.Sebab,posisi dasar rongga lebih rendah daripada saluran yang menghubungkannya dengan hidung.Dampaknya ingus yang terjebak tak dapat keluardan menjadi sarang bagi berkumpulnya bakteri.Akibatnya mudah ditebak,memperparah peradangan.Jika dibiarkan,lendir bercampur dengan nanah.Menurut alumnus fakultas kedokteran Universitas Kristen Indonesia itu,penderita sinusitis merasakan nyeri di dahi akibat infeksi di bagian sinus frontalis.Sementara gejala sinus maksilaris berupa nyeri di bagian gigi rahang atas.Nyeri diantara kedua mata merupakan tanda infeksi sinus etmoid,Jika tak segera di obati,infeksi di daerah itu akan menyebar ke bagian mata dan memicu kebutaan.

Menurut Dody,penderita alergi seperti Emah lebih mudah terserang sinusitis.Musababnya,kondisi selaput lendir penderita alergi sangat sensitif.Alergen atau pemicu alergi yang terhirup seperti debu,spora jamur,bulu binatang,serbuk sari bunga,dan asap rokok memicu pembengkakan selaput lendir.Udara dingin pun bisa memicu timbulnya sinus.Lendir yang berkumpul dan tertahan itu kemudian menjadi sarang yang nyaman bagi patogen seperti virus,bakteri,dan cendawan.Bersin merupakan salah satu gejala sinus akibat alergen.

Antibakteri

Bertahun-tahun,Emah tak kunjung sembuh dari alergi.Malahan alergi itu berubah menjadi sinusitis.Ketika obat yang di resepkan dokter belum mampu mengatasi penderitaan itu.Emah mencoba ramuan tradisional.Ia merebus campuran rimpang jahe,rimpang kunyit,daun kumis kucing,meniran,dan batang serai dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas.Ia menyaring rebusan dan meminum selagi hangat.Ramuan herbal itu itu membuat tubuh Emah hangat dan lebih segar.Sayangnya,sinusitis belum juga menyingkir meski ia telah mengkonsumsi rutin selama 4 bulan,Oleh karena itu ia meninggalkan ramuan itu.

Sejak itu praktis Emah Suhaemah tak mengkonsumsi obat apa pun.Pantas bila kondisi fisik ibu 8 anak itu melorot.ia merasa letih dan lesu akibat kurang tidur karena acap bersin pada malam hari.Celakany,pada siang hari cucuran ingus tak kunjung hilang.Itulah sebabnya handuk kecil selalu tersampir di leher.Melihat kondisi Emah,Adi kurniadi-rekan Emah-merasa iba,Ia menyarankan agar Emah mengonsumsi ekstrak teripang.Pada februari 2006 ia mulai minum ekstrak teripang berdosis 1 sendok makan 3 kali sehari.

Beberapa hari kemudian perempuan kelahiran 21 April 1942 itu merasakan plong dan kesegaran menjalar ke sekujur tubuh.Sepekan berselang,bersin-bersin berkurang.Enam bulan kemudian pada Januari 2007 ia memeriksakan diri ke dokter setelah pilek alergi,dan bersin-bersin hilang.Dokter mengatakan kondisi tubuh Emah kian membaik sehingga sinusitis tak menyerang lagi.Hingga kini,Emah tak lagi menderita karena sinusitis.

Ekstrak teripang ampuh mengatasi sinusitis karena bersifat antibakteri.Penelitian Prof Rizwan Hashim dari Universitas kebangsaan Malaysia membuktikan ekstrak teripang menghambat pertumbuhan bakteri streptococus pneumoniae,penyebab radang sinusitis.Mahluk liliput itu terhambat pertumbuhannya berkat kandungan phosphate buffered saline(PBS).Selain itu ekstrak teripang  mengandung 9 jenis karbohidrat,59 jenis lemak,19 jenis asam amino,25 komponen vitamin.10 jenis mineral,dan 5 jenis sterol,Artinya kandungan gizi teripang amat lengkap dan bersatu padu membangun kekebalan tubuh serta memberantas bakteri (Faiz Yajri).

Demikian info tentang sinusitis,dari gejala,penyebab,dan pencegahan serta penanganan nya dengan obat alami sinusitis dari ekstrak teripang Jelly gamat luxor yang terbukti aman tanpa efek samping negatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...